REVIEW
FILM
1.
Identitas Film
The Miracle Worker (1962)
Disutradarai
oleh :
Arthur Penn
Diproduksi oleh : Fred Coe
Ditulis oleh : William Gibson, Dibintangi, Anne Bancroft, Patty Duke
Diproduksi oleh : Fred Coe
Ditulis oleh : William Gibson, Dibintangi, Anne Bancroft, Patty Duke
Musik oleh : Laurence
Rosenthal
Sinematografi : Ernesto Caparrós
Editing : Aram Avakian
Didistribusikan oleh : United Artists
Sinematografi : Ernesto Caparrós
Editing : Aram Avakian
Didistribusikan oleh : United Artists
Tanggal rilis : 28 Juli 1962
Durasi : 106 menit
Negara : Amerika Serikat
Bahasa : English
Durasi : 106 menit
Negara : Amerika Serikat
Bahasa : English
2.
Sinopsis
Hellen
Keller adalah seorang anak perempuan berusia sepuluh tahun yang mempunyai
keterbatasan indera. Ia mengalami tuna netra, tuna rungu dan tuna wicara.
Hellen Keller merupakan anak dari pasangan Arthur Keller dan Catie Keller, ia
juga mempunai kakak tiri bernama James, Karena keterbatasan yang dimiliki
Hellen itulah ayahnya hendak memasukkannya ke rumah sakit jiwa. Namun hal
tersebut ditolak oleh ibu dan bibi Hellen. Kemudian bibi Hellen menyarankan
agar ayah Hellen mengirimkan surat kepada Dr. Chisolm di Baltimore guna meminta
dikirimkan seorang pengasuh sekaligus pengajar untuk Hellen.
Setelah Dr. Chisolm menerima surat dari ayahnya hellen beliau langsung menugaskan Ny. Annie Sullivan untuk menjadi pengasuh sekaligus pengajar Hellen, yang notabene mempunyai latar belakang hampir serupa dengan apa yang dialaminya, bahkan ia pernah atau dibesarkan di rumah sakit jiwa. Ketika sampai di rumah hellen keller Ny. Sullivan langsung mengadakan pendekatan dengan Hellen. Ketika Ny. Sullivan mengajarkan hellen, awalnya hellen merasa tidak nyaman dengan pendidikan Ny.Sullivan karena bagi hellen belajar seperti itu terasa asing dan tidak meyenanggkan. Karena apapun yang ingin dilakukan hellen dibatasi oleh Ny.sullivan, kebiasaan yang hellen lakukan itu menurutnya sudah benar tetapi sebenarnya tidak sama sekali, kebiasaan buruk seperti makan dari piring orang lain dan merepotkan oranglain jika mengiginkan sesuatu. Keluarga Hellen merasa anaknya kelihatan tertekan. Hal ini membuat mereka berniat untuk memecat Ny. Sullivan. Akan tetapi Ny. Sullivan bersikeras untuk menggasuh dan mengajar Hellen serta memberikan pemahaman kepada keluarga Keller bahwa Hellen sangat membutuhkannya. Selain itu Ny. Sullivan juga menjelaskan bahwa meskipun Hellen mempunyai keterbatasan indera, di lain sisi ia mempunyai kecerdasan yang tinggi. Awalnya keluarga Keller tidak merelakan, namun akhirnya keluarga tersebut merelakannya. Keluarga Keller memberikan jangka waktu yang terbatas kepada Ny. Sullivan dalam mengasuh dan mengajar Hellen. Pada awalnya Hellen sempat merasa takut dan terganggu. Namun akhirnya Ny. Sullivan berhasil mendekati dan bahkan kini ia menjadi akrab dengan Hellen. Ia mengajarkan Hellen tentang kata-kata benda yang ada di sekitarnya dengan menggunakan sandi tangan. Selang beberapa waktu, akhirnya Hellen mampu memahami apa yang selama ini diajarkan oleh Ny. Sullivan kepadanya. Kata pertama yang dipahami hellen adalah “water”, dan diikuti dengan kata-kata yang lainnya karena Hellen meminta Ny. Sullivan untuk mengajarkannya kembali tentang apa yang belum ia pahami. Kemudian Hellenpun tumbuh menjadi dewasa serta mampu menjadi seorang penngacara terkenal meskipun ia mempunyai banyak kerterbatasan, dan Ny. Sullivan tetap menjadi seorang guru yang menemaninya.
Setelah Dr. Chisolm menerima surat dari ayahnya hellen beliau langsung menugaskan Ny. Annie Sullivan untuk menjadi pengasuh sekaligus pengajar Hellen, yang notabene mempunyai latar belakang hampir serupa dengan apa yang dialaminya, bahkan ia pernah atau dibesarkan di rumah sakit jiwa. Ketika sampai di rumah hellen keller Ny. Sullivan langsung mengadakan pendekatan dengan Hellen. Ketika Ny. Sullivan mengajarkan hellen, awalnya hellen merasa tidak nyaman dengan pendidikan Ny.Sullivan karena bagi hellen belajar seperti itu terasa asing dan tidak meyenanggkan. Karena apapun yang ingin dilakukan hellen dibatasi oleh Ny.sullivan, kebiasaan yang hellen lakukan itu menurutnya sudah benar tetapi sebenarnya tidak sama sekali, kebiasaan buruk seperti makan dari piring orang lain dan merepotkan oranglain jika mengiginkan sesuatu. Keluarga Hellen merasa anaknya kelihatan tertekan. Hal ini membuat mereka berniat untuk memecat Ny. Sullivan. Akan tetapi Ny. Sullivan bersikeras untuk menggasuh dan mengajar Hellen serta memberikan pemahaman kepada keluarga Keller bahwa Hellen sangat membutuhkannya. Selain itu Ny. Sullivan juga menjelaskan bahwa meskipun Hellen mempunyai keterbatasan indera, di lain sisi ia mempunyai kecerdasan yang tinggi. Awalnya keluarga Keller tidak merelakan, namun akhirnya keluarga tersebut merelakannya. Keluarga Keller memberikan jangka waktu yang terbatas kepada Ny. Sullivan dalam mengasuh dan mengajar Hellen. Pada awalnya Hellen sempat merasa takut dan terganggu. Namun akhirnya Ny. Sullivan berhasil mendekati dan bahkan kini ia menjadi akrab dengan Hellen. Ia mengajarkan Hellen tentang kata-kata benda yang ada di sekitarnya dengan menggunakan sandi tangan. Selang beberapa waktu, akhirnya Hellen mampu memahami apa yang selama ini diajarkan oleh Ny. Sullivan kepadanya. Kata pertama yang dipahami hellen adalah “water”, dan diikuti dengan kata-kata yang lainnya karena Hellen meminta Ny. Sullivan untuk mengajarkannya kembali tentang apa yang belum ia pahami. Kemudian Hellenpun tumbuh menjadi dewasa serta mampu menjadi seorang penngacara terkenal meskipun ia mempunyai banyak kerterbatasan, dan Ny. Sullivan tetap menjadi seorang guru yang menemaninya.
3.
Kelebihan
dan Kelemahan Film
Kelebihan
film
1. Film
ini sangat bangus untuk di saksikan oleh kita khususnya calon pendidik anak
berkebutuhan khusus karena disini kita bisa melihat bagaiman Ny. Sullivan
mengajarkan hellen yang mengalami ganngguan tuna netra, tuna wicara dan tuna
rungu dengan metode yang di pakai Ny. Sullivan, beliau mengajarkan bagaimana
kita bersabar, berusaha dan mempunyai kegigihan untuk mengajarkan heller sampai
hellen mampu sendiri melakukan kehidupannya. Dengan usaha keras Ny. Sullivan
akhirnya hellenpun bisa melakukan dan mengaplikasikan apa yang di ajarkan
Ny.Sullivan.
Kelemahan
film
1.
Pendidikan yang diajarkan kepada hellen berhasil
digunakan Ny. Sullivan dalam mengasuh dan mengajar Hellen, akan tetapi secara
kognitif Hellen tidak akan mau mempelajari apa yang diajarkan Ny. Sullivan
kepadanya, jika ia tidak memutuskan untuk mau diajari Ny, Sullivan pada malam
pertama Hellen dan Ny. Sullivan menempati rumah bekas gudang yang berada di
samping rumah keluarga Keller
2.
Pendidikan Ny.sullivan ini tidak sesuai dengan prinsip
pendidikan kita, Ny.sulivan mengajarkan hellen dengan cara di paksa, pangajaran
tersebut membuat hellen menjadi tertekan dan tidak mau belajar lagi.
3.
Meskipun proses belajar itu dapat diamati secara
langsung, akan tetapi proses belajar juga merupakan kegiatan mental yang tidak
dapat diamati secara langsung. Seperti halnya kehendak atau kemauan,
pengambilan keputusan dan lain sebagainya.
4. Preferensi (pesan rekomendasi)
penulis resensi kepada pembaca
Pesan
saya film ini wajib disaksikan oleh kita
selaku pendidik Anak berkebutuhan Khusus karena di film ini diajarkan bagaimana
kegigihan seorang guru dalam mengajarkan anak berkebutuhan khusus, kita dapat
mencotoh apa yang di berikan Ny.sullivan kepada Hellen, tetapi kita sebagai
penonton dan pendidik yang cerdas, kita harus menyeleksi pendidikan mana saja
yang baik dan kurang baik, yang kurang baik nya seperti kita terlalu menekankan
anak didik kita untuk melakukan apa yang bingin kita lakukan, bukankah lebih
baik lagi jika pengajaran itu dilakukan dengan bermain dan bersenang-senang
karena dengan itu juga pengajaran lebih mudah di mengerti.
saya sokong dengan pandangan anda ..izinkan saya untuk mengambil sedikit maklumat daripada blog anda kerana saya mahukan jadikan rujukan untuk tugasan saya..trima kasih..(^_^)
BalasHapus